Apa itu Polyurethane (PU) ?

Polyurethane (disingkat PU, baca : Pi-yU) adalah material yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan material polimer lain untuk aplikasi yang sejenis. Polyurethane dihasilkan dari reaksi polimerisasi antara poliisosianat dengan poliol, yaitu melalui suatu proses poliadisi.

Resin polyurethane dapat berupa polyurethane dispersion, resin 1-komponen atau resin 2 komponen. Polyurethane dispersion adalah polimer PU dengan berat molekul besar yang dilarutkan dalam solvent. Resin 1-komponen dan 2-komponen mengandung komponen prepolimer, yaitu polimer dengan berat molekul kecil dan memiliki gugus reaktif (umumnya isosianat), yang akan bereaksi dengan curing agent membentuk polimer dengan berat molekul besar. Curing agent untuk resin 1 komponen adalah uap air di udara; sedangkan untuk resin 2 komponen adalah poliol pada komponen A dari dua komponen yang diproduksi.

Aplikasi polyurethane sangat luas, misalnya dapat digunakan untuk pembuatan: busa, coating, adhesive, sealent, binder, elastomer, serat spadex.